Wednesday, February 21, 2007

Celaan Terhadap Orang Yang Ingin Menonjolkan Diri

لا تتعلموا العلم لتباهوا به العلماء ولتماروا به السفهاء ولتصرفوا به وجوه الناس إليكم فمن فعل ذلك فهو في النار. حديث الحافظ العراقي
"Janganlah kamu menuntut ilmu kerana ingin berdebat dengan para ulama, ingin mengalahkan orang yang bodoh, dan ingin mengalih pandangan manusia kepadamu (ingin dipandang hebat). Maka barang siapa melakukan demikian, nerakalah tempatnya (terjemahan yang tidak berapa baik)". al-hadis al-hafiz Iraqi au qamaqqal a.s.w.

"Aku mendapati di dalam masjid ini seratus dua puluh orang shahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Tidaklah seseorang ditanya tentang suatu hadits atau suatu fatwa kecuali dia sangat ingin kalau temannya yang menjawabnya. Kemudian masa terus berlalu sampai pada suatu kaum yang mengaku-aku bahwa dirinya memiliki ilmu. Mereka berlumba-lumba untuk menjawab bila ada orang yang bertanya tentang sesuatu yang seandainya pertanyaan tersebut ditanyakan pada amirul mukminin Umar bin Khattab radhiallahu anhu tentulah beliau mengumpulkan para ahli Badr dan bermusyawarah dengan mereka." (Mukhtashar Minhajul Qasidin, Ibnu Qudamah Al-Maqdisi).

No comments: